Minggu, 27 Maret 2011

Earth Hour 2011 Hemat 600 Megawatt di Jawa dan Bali


Jadi penggemar di Facebook ...
Bagikan artikel ini ..
Bookmark and Share


Earth Hour 2011 Hemat 600 Megawatt di Jawa dan Bali

Arief Sujatmoko
Earth Hour tahun ini telah berhasil menghemat sekitar 600 megawatt untuk wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali. 

Selain di ibukota , Earth Hour yang berlangsung pada hari Sabtu (26/3) selama satu jam itu dilaksanakan di beberapa kota besar lainnya, seperti Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, Surabaya, dan beberapa kota di Bali secara serentak. Selama satu jam, Indonesia berpartisipasi dengan mematikan listrik di ikon-ikon kota besar tersebut.

Di Jakarta sendiri, perayaan Earth Hour sendiri dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, dan beberapa figur, seperti Charles Bonar Sirait serta Bambang Pamungkas. Earth Hour di Jakarta dirayakan dengan mematikan lampu di Monumen Nasional, Bundaran Hotel Indonesia (HI), dan sepanjang Jalan Thamrin. Di Balai Kota, para tamu undangan yang hadir mengayuh sepeda untuk menyalakan lampu dari lambang Earth Hour 2011, hal ini dilakukan sebagai simbol bahwa masyarakat dapat menggunakan energi terbarukan, bukan hanya energi yang berasal dari fosil. 

Pada tahun ini, pelaksanaan Earth Hour di Jakarta telah menghemat sekitar 170 megawatt, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 120 megawatt listrik. “Target kita, 300 megawatt akan dihemat jika sepuluh persen dari ibukota mematikan setidaknya dua buah lampu di tempat mereka berkegiatan,” ungkap Gubernur DKI Jakarta yang kerap disapa Foke ini. “Untuk ke depannya, Pemerintah Kota DKI Jakarta akan berinisiatif untuk memadamkan listrik secara berkala selama enam puluh menit, kami berharap masyarakat akan menyambut baik inisiatif kami,” tambahnya.

Rizal Malik sebagai dewan dari WWF-Indonesia mengatakan bahwa Earth Hour bukan hanya memadamkan lampu, tapi bagaimana kelak kita bisa hidup hemat energi. “Satu jam hanyalah sebuah simbol, yang penting adalah gaya hidup,” tegasnya

tidak mendapatkan yang anda cari ? coba lewat mesin pencari :

0 komentar:

Posting Komentar